XAMPP merupakan tool yang menyediakan paket perangkat lunak ke dalam satu buah paket.
Nah XAMPP itu sendiri adalah singkatan dari X (empat system operasi), Apache(webserver), MySQL(database), PHP(server side scripting), Perl. Kemudian dalam satu paket XAMPP tersebut sudah terdapat 4 perangkat diatas beserta FTP Server, phpMyAdmindan berbagai pustaka bantu lainnya.

Dengan menginstall XAMPP di windows anda, maka anda tidak perlu lagi melakukan instalasi dan konfigurasi web server Apache, PHP dan MySQL secara manual.
XAMPP akan menginstalasi dan mengkonfigurasikannya secara otomatis untuk Anda.
Versi XAMPP yang ada saat ini adalah Versi 1.8.0 yang terdiri atas :

  • Apache 2.4.2
  • MySQL 5.5.25a
  • PHP 5.4.4
  • phpMyAdmin 3.5.2
  • FileZilla FTP Server 0.9.41
  • Tomcat 7.0.28 (with mod_proxy_ajp as connector)
  • Strawberry Perl 5.16.0.1 Portable
  • XAMPP Control Panel 3.0.12 (from hackattack142)

Berikut ini adalah langkah-langkah yang perlu anda lakukan untuk Menginstall XAMPP di Windows.
1. Silahkan download terlebih dahulu XAMPP versi 1.80 (contoh yang dipakai di sini adalah xampp-win32-1.8.0-installer.exe, yaitu XAMPP versi 1.8.0) Bila anda mendapati versi yang lebih baru, cara instalasi kemungkinan masih sama.

2. Jika file sudah anda download, kemudian klik 2x pada xampp-win32-1.8.0-installer.exe untuk melakukan Instalasi XAMPP di Windows anda.
Menginstall XAMPP di Windows
Setelah instalasi selesai, sekarang jalankan XAMPP tersebut dengan klik Start / Programs / XAMPP. Anda dapat menggunakan XAMPP Control panel untuk memulai dan menutup service dengan mengeklik tombol Start/Stop untuk program yang akan dijalankan dan juga untukinstall/uninstal service.
Menginstall XAMPP di Windows
3. Sekarang anda buka browser Internet Explorer dan ketik http://localhost/xampp/index.php atau http://127.0.0.1/xampp/index.php
Jika berhasil akan tampil halaman seperti dibawah ini.
Menginstall XAMPP di Windows
4. Nah untuk membuat script baru, anda harus taruh file-file tersebut di c:xampphtdocs

Begitulah cara menginstall XAMPP di Windows. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda yang ingin belajar lebih jauh tentang bahasa pemograman WEB.