Definisi Competitive Intelligence menurut beberapa ahli :

  • Intelijen Kompetitif: Program yang sistematis untuk mengumpulkan dan menganalisis informasi atas kegiatan pesaing ….. dalam tampilan untuk mencapai tujuan strategis perusahaan (Larry Kahanner).( Competitive Intelligence :  Systematic program to collect and analyze the information upon the activities of the competitors….. in the view to achieve the strategic goals of the company (Larry Kahanner).)

  • Intelijen Kompetitif: Menganalisis informasi, pada pesaing yang terlibat dalam proses pengambilan keputusan dari perusahaan (Leonard Furd). Competitive Intelligence: Analyze the information, upon the competitors which the involved within the decision process of the company (Leonard Furd).

 

  • Competitive Intelligence: Pengetahuan dan proyeksi dunia sekitarnya – dalam pandangan untuk membantu keputusan perusahaan CEO (Jan Herring). Competitive Intelligence: Knowledge and forecast of the surrounding world – in view to assist the decision of the company CEO (Jan Herring).

 

  • Intelijen Kompetitif: Master dalam informasi yang memungkinkan pengambilan keputusan (Ben Gilad). Competitive Intelligence: Master in the information which allows decision making (Ben Gilad).

 

  • Competitive Intelligence: Program yang sistematis untuk mengobati, menganalisis, memahami, menyebarkan informasi pada kegiatan pesaing, teknologi dan kecenderungan umum dari pesaing, teknologi dan kecenderungan umum dari kegiatan perusahaan, dalam pandangan untuk mencapai strategis terbaik tujuan perusahaan (Gilda Massari, Henri Dou). Competitive Intelligence: Systematic program to treat, analyze, understand, disseminate information upon the activities of the competitors, the technologies and the general tendencies of the competitors, the technologies and the general tendencies of the company activities, in view to achieve the best strategic goal of the company (Gilda Massari, Henri DOU).

 

  • Intelijen Kompetitif Teknis: Sistem Intelijen Kompetitif dengan komponen yang kuat di bidang teknologi dan R & D (Gilda Massari, Henri Dou). Intelijen Kompetitif adalah cara berpikir. Competitive Technical Intelligence: System of Competitive Intelligence with strong components in the fields of technologies and R&D (Gilda Massari, Henri DOU). Competitive Intelligence is a way of thinking.

 

http://forumintel.blogspot.com/2011/01/transformasi-ilmu-intelijen.html

 

Intelijen Siklus (Intell Cycle)

Tradisional siklus Intelijen adalah sebuah konsep yang menggambarkan dasar siklus dari intelijen dalam pengolahan sipil atau militer badan intelijen atau dalam penegakan hukum sebagai tertutup jalan terdiri dari mengulangi node . Tahapan siklus intelijen termasuk penerbitan persyaratan oleh para pembuat keputusan, pengumpulan, pengolahan, analisis, dan publikasi intelijen. [ 1 ] Rangkaian selesai ketika pengambil keputusan memberikan umpan balik dan persyaratan direvisi.

http://encyclopedia.thefreedictionary.com/intelligence+cycle

Metodologi (Methodology)

Metodologi biasanya sistem pedoman untuk memecahkan masalah, dengan komponen tertentu seperti fase, tugas, metode, teknik dan alat. [ 1 ] Hal ini dapat didefinisikan juga sebagai berikut:

  1. “Para analisis prinsip-prinsip metode, aturan, dan postulat yang digunakan oleh disiplin “;
  2. “Studi sistematis dari metode yang, dapat, atau sudah diaplikasikan dalam disiplin”;
  3. “Studi atau deskripsi metode”.

Suatu metodologi dapat dianggap untuk memasukkan beberapa metode, masing-masing sebagaimana diterapkan pada berbagai aspek seluruh lingkup metodologi. Penelitian ini dapat dibagi antara dua bagian, yaitu penelitian kualitatif dan penelitian kuantitatif.

http://en.wikipedia.org/wiki/Methodology

 Alat (Tool)

Alat adalah setiap barang fisik yang dapat digunakan untuk mencapai tujuan , terutama jika item tidak dikonsumsi dalam proses.Informal kata tersebut juga digunakan untuk menggambarkan prosedur atau proses dengan tujuan tertentu. Alat digunakan oleh manusiatanggal kembali jutaan tahun, dan hewan lain juga diketahui menggunakan alat sederhana.

Alat yang digunakan dalam bidang tertentu atau kegiatan mungkin memiliki sebutan yang berbeda seperti “alat”, “alat”, “melaksanakan”, “mesin”, atau “aparat”. Himpunan peralatan yang diperlukan untuk mencapai tujuan adalah “peralatan”. Pengetahuan tentang membangun, mendapatkan dan menggunakan alat ini adalah teknologi .

http://en.wikipedia.org/wiki/Tools

Etika (Ethics)

Etika , juga dikenal sebagai filsafat moral , adalah cabang filsafat yang melibatkan sistematisasi, membela, dan merekomendasikan konsep perilaku benar dan salah. [ 1 ]

Bidang utama penelitian dalam etika dapat dibagi menjadi 3 wilayah operasional: [ 1 ]

  • Meta-etika , tentang makna teoritis dan referensi dari proposisi moral dan bagaimana mereka nilai kebenaran (jika ada) dapat ditentukan;
  • Etika normatif , tentang cara praktis untuk menentukan kursus moral tindakan;
  • Terapan etika , tentang bagaimana hasil moral yang dapat dicapai dalam situasi tertentu;

Masing-masing daerah mencakup banyak lagi sub-bidang studi.

http://en.wikipedia.org/wiki/Ethic

 

1. D a t a

Data adalah gambaran peristiwa atau kejadian sebenarnya atas sesuatu hal yang terjadi. Data merupakan reasoning atas hal yang terjadi pada suatu periode waktu. Data sebagaimana fakta, belum memiliki arti dan manfaat. Untuk memberikan manfaat data tersebut harus mengalami proses terlebih dahulu.

 

2. Informasi

Informasi adalah kumpulan data yang memiliki hubungan sehingga memberikan makna. Informasi merupakan bentuk yang telah memberikan manfaat baik dalam arti positif maupun negatif. Informasi merupakan suatu bentuk yang berdasarkan atas sebuah fakta yang berupa angka, statistik, data-data tentang orang dan perusahaan.

 

3. Knowledge

Knowledge merupakan sesuatu yang lebih luas, lebih dalam, lebih komprehensif dari data ataupun informasi. Knowledge merupakan gabungan tacit knowledge dan explicit knowledge. Tacit knowledge berarti keahlian yang ada pada seseorang namun tidak terlihat, sedangkan explicit knowledge merupakan keahlian yang tertulis atau terdokumentasikan.

 

4. Intelligence

Intelligence adalah pengumpulan informasi yang telah disaring,dievaluasi dan dianalisis, bisa juga disebut pengetahuan. Orang awam biasa mengartikan intelijen sebagai operasi militer yang rahasia atau bahkan sama dengan spionase. Pada dasarnya intelijen adalah proses penciptaan pengetahuan baru dalam sebuah organisasi.Pengetahuan baru berarti pengetahuan yang dihasilkan merupakan pengetahuan yang benar-benar baru atau sebelumnya tidak terdapat dalam inventory pengetahuan yang lama.

 

http://forumintel.blogspot.com/2011/01/pengenalan-ilum-competitive.html

Iklan