Cara mengatur tampilan dashboard wordpress – Akhirnya Kang Rohman mulai menulis mengenai panduan wordpress, setelah sebelumnya berkutat seputar domain serta hosting yang tiada lain agar ada benang merah bagi anda yang benar-benar baru dengan wordpress.

Mengawali artikel mengenai panduan wordpress, kali ini akan di bahas tentang bagaimana cara mengatur tampilan dashboard wordpress. Anda tau tidak apa itudashboard wordpress?

Pengertian secara awam, dashboard wordpress merupakan halaman yang anda lihat ketika melakukan login ke area admin blog wordpress. Pada saat anda login, akan terlihat widget-widget berisi informasi seputar Right Now, Recent Comments, Incoming Links, Plugins, QuickPress, Recents Draft, WordPress Blog, dan Other WordPress News. Berikut contoh tampilan dashboard wordpress :

dashboard wordpress
Widget-widget tersebut bertujuan untuk memberi informasi secara cepat kepada anda. Namun, karena ketertarikan setiap pemilik blog tentu saja berbeda, terkadang info yang tersedia dirasa tidak di perlukan. Dari hal tersebut, wordpress memberikan keleluasaan terhadap anda, widget mana saja yang ingin di tampilkan ataupun di sembunyikan pada halaman dashboard.

Cara Mengatur Tampilan Dashboard WordPress

Berikut adalah cara mengatur tampilan dashboard wordpress secara lebih detil :

  1. Silahkan login ke area admin blog wordpress anda.
  2. Klik menu Screen Option yang ada di sebelah kanan atas layar monitor.wordpress screen option
  3. Disini anda dapat memilih widget mana yang ingin di tampilkan atau tidak di tampilkan. Pada Show on screen, hilangkan tanda centang pada informasi yang tidak ingin di tampilkan. Pada Screen Layoutpilih tampilan yang diinginkan. screen options
  4. Klik kembali tombol Screen Options untuk menutup opsi pengaturan.
  5. Selesai.

Menampilkan banyak widget pada dashboard wordpress, berakibat pada loading dashboard yang akan sedikit lambat. Oleh karena itu, ada baiknya anda hanya menampilkan widget yang dianggap perlu saja.

Semoga informasi ringan mengenai cara mengatur tampilan dashboard wordpress ini akan ada sedikit manfaat yang bisa anda ambil.