subdomainCara membuat Subdomain di Cpanel – Sebelumnya telah di tulis mengenai domain dan hosting pada artikel mengenal domain dan hosting. Selain domain, ada istilah lain yang berhubungan yaitu Subdomain. Dari namanya tentu sudah dapat di kenali bahwa subdomainadalah bagian ( sub ) dari domain utama.

Nama subdomain bisa di buat sesuka hati, misalkan nama domain utama adalah krtutorplus.com, maka kita dapat membuat berbagai nama subdomain seperti : blog.krtutorplus.com, kontak.krtutorplus.com,jasablog.krtutorplus.com, dan lain sebagainya yang tentu saja di sesuaikan dengan kebutuhan. Sebuah subdomain bisa di kenali dari penulisannya yang dipisahkan dengan dot (titik) sebelum domain utama.

Satu subdomain bisa berdiri sendiri sehingga seolah-olah terpisah dari domain utama, oleh karenanya kita bisamembuat blog dengan wordpress ataupun aplikasi web lainnya pada masing-masing subdomain tersebut. Pada umumnya, sebuah paket hosting akan ada fasilitas untuk membuat subdomain.

Untuk anda yang hostingnya menggunakan CPanel, berikut adalah cara membuat Subdomain di Cpanel :

  1. Silahkan login ke Cpanel hosting yang anda miliki
  2. Cari icon yang bertuliskan Subdomains, lalu klik pada icon tersebutsubdomain
  3. Isilah form subdomain dengan nama subdomain yang anda inginkan, misal blog. Kemudian klik tombol Create.membuat subdomain
  4. Apabila tidak ada yang salah, akan ada keterangan bahwa subdomain telah selesai dibuat.
  5. Selesai.

Apabila anda ingin membuat nama subdomain yang lain, maka lakukan hal sama dengan langkah-langkah diatas.

Setelah subdomain di buat, maka nanti akan secara otomatis muncul pada pilihan domain ketika proses instalasi menggunakan Fantastico.