Tutorial jaringan ini dapat berjalan di komputer windows baik itu windows xp, windows vista ataupun windows 7. Berdasarkan riset dan pengalaman saya membuat jaringan di Lab Komputer.

Biasanya pada laboratorium komputer terdapat 30 atau lebih komputer yang jika digabungkan menjadi satu jaringan utuh membutuhkan teknik network bridge yaitu menyatukan dua jaringan menjadi 1 jaringan besar. Contoh kasus : Di Laboratorium Komputer Pesantren Terpadu Darul Quran Mulia yang saya kelola terdapat 30 Komputer yang jika ingin digabungkan menjadi 1 jaringan harus memakai teknik network bridge. Mengapa?

Bisa dilihat peta lab komputer di samping, terdapat 3 jaringan yang terpisah yang seharusnya disatukan agar dapat terhubung satu-sama lain. Solusi yang saya pakai adalah menggunakan wireless. Setiap blok jaringan saya beri 1 wireless yang bertugas menghubungkan jaringan yang satu dengan yang lainnya menggunakan ad-hoc. Jadi ada 3 komputer yang dipasangi wireless (1 komputer di blok kiri, 1 komputer di blok tengah dan 1 komputer lagi diblok kanan), nah komputer inilah yang akan dijadikan network bridge.

Bagaimana caranya?

Ternyata sederhana sekali :) , 3 komputer tersebut di atas pasti memiliki dua koneksi seperti ini :

satu koneksi jaringan kabel lan, dan satunya koneksi jaringan wireless yang digunakan untuk menghubungkan antar jaringan seperti saya bahas di atas.

Pertanyaan sederhananya, emangnya gak bisa dibiarkan 2 jaringan seperti itu? hmm.. jawabnya bisa! Tapi…. ada tapinya kawan, kalau dua koneksi dibiarkan seperti itu tentu IP Addressnya pun harus berbeda sedangkan yang kita inginkan adalah membuat ketiga jaringan tersebut bersatu menjadi 1 jaringan besar. Dan disitulah fungsi network bridge yang berfungsi sebagai jembatan penghubung.

Kalau boleh dikatakan Network Bridge adalah sebuah koneksi virtual yang menjembatani dua jaringan antar lebih sehingga kedua jaringan atau lebih itu dapat menjadi satu jaringan utuh yang dapat saling berkomunikasi. Ok langsung saja kita mulai semudah apa membuat network bridge.

Langkah pertama seperti terlihat gambar di atas, yang perlu kita lakukan adalah memblok dua koneksi jaringan di atas kemudian klik kanan dan pilih Bridge Connections. Syarat bridge connection adalah salah satu di antara koneksi yang ingin di bridge tidak boleh dalam posisi sharing atau tidak boleh sedang dalam sharing internet.

Setelah proses Bridging selesai maka status network connection akan seperti gambar di bawah ini

Nah sekarang network jaringan anda telah terjembatani, dan jangan lupa untuk mensetting IP Address Network Bridge sesuai dengan jaringan IP Address Anda.

Sekian dulu tutorial singkat dari saya, semoga dapat berguna bagi teman-teman yang membutuhkan. Jika ada saran, kritik, tambahan ide, atau pun komentar yang bersifat positif silahkan posting di komentar atau hubungi Yahoo Messenger saya (ai_amakusa) pun di Facebook (Ahmad Alimuddin) bisa juga di twitter (twitter.com/eksplore). Terimakasih telah mengunjungi blog sederhana saya. :)